Friday, October 1, 2010

Telinga Nyenyeh

Si bungsu telinganya nyenyeh...apa ya bahasa Indonesianya nyenyeh? hihihi....pokoknya gitu deh...
berkali-kali gonta ganti obat dari dokter. Akhirnya yang paling cocok adalah yang bikin sembuh dan kering.

Belum jelas nyenyehnya karena digarukin melulu atau karena alergi.

Salah prosedur kayaknya...hehehe

Jadi ternyata, kalo masih parah nyenyehnya, jangan diolesin salep. Dikompres pake betadin antiseptik, sampe agak keringan. Habis itu menjelang kering baru deh dikasih hydrocortison.


Indikasi:
Menekan reaksi radang pada kulit yang bukan disebabkan infeksi seperti: eksema, dermatitis alergi, dermatitis seboreik, intertrigo, ruam "popok" pada bayi, pruritus yang tidak dapat diatasi dengan cara lain.

Kontra Indikasi:
- Penderita yang hipersensitif terhadap hidrokortison.
- Inveksi virus.
- Tuberkulosis kulit.
- Pada akne, rosasea, dermatitis perioral dapat memperburuk keadaan.

Kalo dari kemasannya keterangan yang diperoleh adalah :

Komposisi:
Tiap gram mengandung: Hidrokortison asetat 25 mg

Sifat:
Hidrokortison asetat adalah suatu senyawa antiradang dari golongan kortikosteroid yang sangat efektif untuk obat kulit. Pada penyakit kulit yang disebabkan oleh alergi, krim Hidrokortison Asetat akan segera memberi efek berkurangnya radang, rasa gatal dan sakit.

Efek Samping:
Pada penderita yang sensitif dapat timbul reaksi seperti: rasa terbakar, gatal, kekeringan, atropi kulit serta infeksi sekunder.

Dosis:
Dioleskan tipis pada kulit 2 - 3 kali sehari.
Catatan: Krim dipakai untuk lesi basah.

Peringatan dan Perhatian:
- Bila terjadi iritasi, pengobatan harus dihentikan.
- Pada wanita hamil, pemberian untuk jangka lama ataupun dosis besar tidak dianjurkan.

Penyimpanan:
Simpan di tempat yang sejuk serta terlindung dari cahaya.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Jenis: Tube

Produsen: PT Kimia Farma

Monday, January 26, 2009

Sariawan

Syafa (1thn 10 bln) sariawan di lidah banyak banget, gamau makan n minum...nangis melulu...
Konsultasi dengan teman yg dokter, dikasih solusi sbb:
  1. kasih vitamin c yg dijual bebas di apotik (@50mg) 3x sehari, tunggu sampe 2 hari,
  2. kasih kenalog kalo belum sembuh juga, tunggu 2 hari juga
  3. masih belum sembuh juga kasih nistatin, lihat dalam 3 hari
  4. masih belum sembuh juga kasih nistatin dan GOM (lupa singkatannya apa)
sembuh deh...
sebenarnya bisa aja dibawa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya, biar lebih pasti pengobatannya. tapi alhamdulillah, dah sembuh...
saran teman saya, pengobatan dilakukan bertahap, saya sih sangat setuju dengannya...soalnya pas diingat2 lagi dokter biasanya langsung kasih mycostatin atau candistatin...

Tuesday, October 7, 2008

Mencegah Pilek

Pilihan cerdik : Ubi goreng
Sebuah studi USDA menemukan relawan yang makan 1/2 cup ubi jalar setiap hari mengalami penurunan resiko terserang flu sampai rata-rata 33%. Ubi jalar kaya beta karoten, sejenis antioksidan yang menguatkan T-cell pembasmi flu yang dihasilkan sistem imun.

Meningkatkan khasiat : taburi dengan lada hitam pada ubi jalar goreng dapat meningkatkan absorsi beta karoten sampai lebih dari 60%. Sebabnya, lada kaya piperine, sejenis alkaloid tumbuhan yang menstimulir garam2 empedu yang dihasilkan kantung empedu. Senyawa2 ini membantu memisahkan beta karoten dari serat di dalam makanan sehingga bisa masuk ke dalam sel-sel secara lenih mudah.

Mengatasi nyeri payudara

Jika kram pramenstruasi membuat payudara terasa sakit atau nyeri, coba atasi dengan mengkonsumsi makanan kaya kedelai seperti tempe, tahu, edamame. Nyeri payudara secara umum terkait dengan kadar estrogen tinggi yang sering terjadi pada masa-masa seperti ini dalam siklus anda. Senyawa2 di dalam kedelai yang disebut phytoestrogen menempel pada reseptor estrogen, mengurangi aksi estrogen untuk meredakan sakit PMS. Hanya makan 1 saji kedelai akan bisa meredakan nyeri pada saat tidur malam.
(Aura Edisi34/2008)

Kiat mengatasi Cegukan

Jika anda cegukan di saat harus tampil dalam acara penting, coba teknik berikut. Masuk ke dalam kamar mandi dan julurkan lidah sepanjang mungkin yang bisa anda lakukan. Dengan lidah terjulur, tarik dan hembuskan napas sampai cegukan reda. Latihan sederhana ini mentimulir glottis, bukaan antara pita suara sehingga anda bisa bernapas secara lebih lancar. Dan anda bisa menghentikan kram yang membuat anda cegukan.
(Aura Edisi 34/2008)

Monday, September 1, 2008

Makan blueberry untuk mengatasi memar

Jika anda mengalami memar, coba makan blueberry. BUah musiman ini mengandung proanthocyaanidins, senyawa yang dikenal berkhasiat menguatkan dinding-dinding pembuluh kapiler yang melemah akibat cedera. Hasilnya, warna kebiruan dari memar anda akan lebih cepat pudar. Selain itu, flavonoids dan vitamin C di dalam blueberry mningkatkan aliran darah sehingga mengurangi pembengkakan.
(Tabloid Aura edisi 31/2008)

Tuesday, August 19, 2008

Obat Gatal akibat gigitan nyamuk

Dikasih tau adik yang baru aja punya bayi, obat gatal akibat gigitan nyamuk APOLAR-N.
Ini resepnya dikasih sama DSA-nya. Selama ini saya pake switzal anti nyamuk yang tutupnya orange. Cuman bayi adik saya itu kulitnya sensitif banget, kalo digigit nyamuk langsung merah dan berair, jadilah dia peke salep ini.
Kalo versi tradisionalnya, dikasih bawang merah atau minyak kelapa juga cepet ilang...