Monday, May 19, 2008

Kompres saat anak panas tinggi

Kalo anak sudah bisa diberi pengertian, acara mengompres bukan suatu hal yang membuat stres, kalo anak yang lebih kecil acara mengompres ketika badannya panas tinggi bisa menjadi hal yang membuat kita tambah stres...anjuran dari DSA anak saya, mengompres dengan ketimun yang sudah diparut ditaruh di atas kepalanya,kalo mau ketimunnya ditaruh di kulkas dulu juga boleh. (bingung saya, karena banyak artikel yang menyarankan kalo kompres pake air anget, namun entah kenapa saya menurut ketika dianjurkan cara ini), ternyata memang berhasil, anaknya mau karena otomatis ketimun itu menempel di kepala dan akan mengering sedikit demi sedikit. Ada juga anak yang suka dikompres pake tissue basah...ini juga bisa menjadi alternatif, karena saya pernah beli alat kompres yang ditempel di dahi (harganya lumayan) tapi ternyata anaknya gamau pake..
Tips, beri anak banyak air bayam (menurunkan panas dan menambah energi, kalo anak tidak mau bisa dengan cara mencampur air bayam dengan sirup melon/sirup yang berwarna hijau.

1 comment:

ummi hafshah said...

saya juga baca dari artikel tabloid ttg ibu dan anak, tentang kompres yang betul itu pake air anget, dan ini dipraktekkan di rsu kota saya (ada tetangga, anaknya opname, jd ibunya melongo pas suster kompres pake air anget). nah pas anak saya demam tinggi, saya mau coba, coz kl demam anak saya kejang. eh malah gak turun2. panasnya tambah naik, terussssss. saya cepat2 ke dokter, coz ga bisa sembarangan beli obat anti kejang. sampai dokter aku dimarahi. ... wong panas kok dikasih air anget. diumpamakn saja ada air panas dipanci, pancinya ikut panaskan. kl mau segera dingin di apain? masa disekitar panci diberi air anget, ya tetap saja panci itu gak segera turun panasnya. jd kl kompres pake saja air kamar mandi, ga panas ga dingin. dokterku itu dosennya fk unair. ya aku nurut aja, sampe skr aku geram sm tabloid itu. ga tau apa pembaca yang lain sukses sm anjuran tabloid itu.